Journey of NaiTsa

SIMPULAN dan SARAN                    BAB V

PENUTUP

6.1 SIMPULAN
Berdasarkan hasil wawancara dan beberapa referensi mengenai Sendang Sani di Kabupaten Pati maka didapatkan simpulan sebagai berikut:
1)        Sendang Sani merupakan salah satu situs sejarah Kabupaten Pati yang diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi.
2)        Didalam cerita asal usul terbentuknya Sendang Sani terdapat nilai-nilai yang dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat.
3)        Tradisi-tradisi yang dilaksanakan di Sendang Sani merupakan 
       (a) Penghormatan Terhadap Leluhur,
       (b) Mendekatkan diri dengan Tuhan, 
       (c) Gotong Royong dan Kebersamaan, 
       (d) Sebagai ungkapan rasa syukur, dan juga sebagai
       (e) Pelestarian budaya dan hiburan.

6.2 SARAN
Sendang Sani merupakan salah satu situs sejarah Kabupaten Pati yang diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi yang wajib dipelihara keberadannnya sampai dengan sekarang oleh masyarakat. Agar tetap dapat  dipertahankan keberadannya maka hendaknya ada suatu upaya untuk tetap memelihara dan melestarikannya kepada generasi muda agar nilai-nilai luhur  didalamnya tetap terjaga. Sendang Sani ini mungkin dapat dijadikan sebagai bahan tempat ajar/ observasi dalam pengajaran sejarah. Hal ini dapat digunakan sebagai materi pendidikan lokal di sekolah-sekolah formal. Sendang Sani, cerita asal usulnya, sampai tradisi-tradisinya ini dapat dijadikan aset kekayaan khasanah budaya yang eksis di masyarakat Pati dan diakui keberadannya sampai dengan sekarang. Sendang Sani adalah tempat yang dianggap sakral dan  mubarokah  bagi masyarakat. Dari dulu hingga sekarang pun banyak para masyarakat daerah Pati maupun luar kota Pati yang berkunjung di Sendang Sani ini, maka kami berharap agar Pemerintahan Kabupaten Pati bisa mengelola dan mengembangkan sebaik-baiknya guna meningkatkan potensi budaya Kota Pati ini.

Categories: ,

2 Responses so far.

  1. EduGoEdu says:

    kak, ini ada referensi bukunya juga apa tidak ?
    kalau boleh tau, aku mau tnya tentang judul2 buku sejarah lokal/daerah ? kakak ada yang tahu tentang bukun2ya ?

  2. Unknown says:

    klo ini saya hasil penelitian lapangan langsung kak,
    buku lain cuma referensi pendamping,..

    silakan hubungi arpusda ajaa :)

Leave a Reply